Serba Serbi Ramadhan di Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Tahu!

May 13, 2018 General 93 Views
Serba Serbi Ramadhan di Seluruh Dunia yang Wajib Kamu Tahu!

Menjelang bulan suci ramadhan banyak umat islam menyambutnya dengan bersuka ria. Karna saat bulan ini datang umat islam berlomba lomba untuk beribadah seperti puasa, sholat tarawih, baca al-qur’an dan masih banyak lagi kegiatan yang di jalankan oleh umat islam. Bulan yang penuh berkah ini sangatlah di tungu-tunggu, Mengapa? karna saat bulan ini ibadah kita akan di lipat gandakan. Jadi untuk kamu yang banyak berbuat dosa, mari kita hapus semua dosa yang pernah kita laukukan dengan cara beribadah dengan sungguh-sunggu di bulan ramdhan ini.

Keistimewaan bulan ini bermacam-macam mulai dari berpuasa yang penuh berkah, melipatgandagakan pahala kita, besnis cemilan yang laris, dan masih banyak lagi. adapun hal-hal yang membedakan bulan ini dengan bulan yang lain sudah saya rangkum dalam serba-serbi ramadhan berikut ini.

1.) Bulan puasa ramadhan

Sudah pasti, bulan ramadhan identik dengan puasa 1 bulan penuh. Puasa ramadhan ini hukum nya wajib bagi umat islam dan yang sudah memenuhi syarat nya diantaranya islam, baligh, berakal sehat dan mumayyiz. Jadi bagi kalian yang sudah memenuhi syarat tersebut sudah wajib menjalankan ibadah puasa ramadhan. Kewajiban berpuasa itu sendiri terdapat dalam Al-qur’an surat Albaqarah ayat 183 yang berbunyi :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

2.) Shalat tarawih

Saat bulan ramadhan umat islam menjankan ibadah sholat tarawih pada malam hari. Tidak seperti pada bulan-bulan biasanya sholat tarawih hanya di laksanakan saat bulan ramadhan saja dan hukumnya sunnah. Sholat tarawih biasanya dikerjakan secara berjamaah di masjid ataupun sendirian di rumah dan biasanya sebanyak sebelas rakaat walaupun ada juga yang melaksanakannya dengan dua puluh tiga rakaat.

3.) Makan sahur

Saat menjalankan ibadah puasa kita kan menahan nafsu, lapar haus dan perbuatan buruk lainnya selama seharian penuh. Puasa ramadhan kita jalankan selama 1 bulan penuh agar puasa tersebut lancar dan memenuhi sunnah Rasulullah, kita disarankan untuk makan sahur. Sahur artinya kita makan dan minum sebelum puasa kita mulai yaitu sebelum matahari terbit dan sebelum jatuhnya waktu imsak atau shalat subuh. Makan sahur juga merupakan pembeda antara puasa umat islam dengan puasa umat agama lainnya

“Bersahurlah kalian karena sesungguhnya pada sahur itu ada berkah.”

4.) Berbuka puasa

Adapun kemgembiraan pada bulan ini ialah saat berbuka puasa, dimana kita akan membatalkan puasa yang kita jalankan selama sehari penuh dengan memakan atau minum menu buka puasa. Sesuai dengan sunnah Rasulullah kita hendaknya mempercepat berbuka puasa saat waktu buka puasa sudah tiba. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut :

Terus-menerus manusia berada di dalam kebaikan selama mereka mempercepat berbuka puasa.”

5.) Bulan Al-qur’an

Selain kita bisa mendapat pahala dari ibadah puasa dan sholat tarawih kita juga akan mendapat pahala saat memcara al-qur’an di bulan ramadhan, bahkan pahala kita akan di lipatgandakan. Bulan ramadhan juga dikenal sebagai bulan turunnya Alqur’an.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.”

Ayat Alqur’an yang pertama kali diturunkan yakni surat Al Alaq ayat 1-5 diturunkan pada malam ke tujuh belas dalam ramadhan dan kita umat islam mengenalnya dengan istilah Nuzulul Qur’an. Di Indonesia atau negara lain biasanya masyarakat akan memperingatinya dengan berbagai macam acara termasuk di sekolah-sekolah yang bertujuan agar anak-anak semakin mengenal dan mencintai Alqur’an.

6.) Lailatul Qadar

Saat malam lailatul qadar atau yang dikenal sebagai malam seribu bulan, jatuh pada bulan ramadhan. Apabila sesorang memperbanyak ibadah dan beriti’kaf atau berdiam diri dalam masjid pada malam ini, maka ia akan memperoleh kebaikan yang sama dari kebaikan malam seribu bulan. Adapun para ulama berpendapat bahwa malam ini jatuh pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini :

Dari Hadis ‘Aisyah radiyallahu anhu, ia berkata: Biasa Rasululah I’tikaf pada malam-malam 10 terakhir Ramadhan dan bersabda: Carilah malam lailatul qadar pada malam-l terakhir Ramadhan (HR. Aisyah RA)

7.) Bulan Zakat

Zakat yang dilaksanakan pada bulan ramadhan disebut dengan zakat fitrah, dan biasanya zakat fitrah di laksanakan pada akhir bulan sebelum datangnya idul fitri. Setiap orang wajib mengeluarkan atau membayar zakatnya masing-masing dan di serahkan kepada yang berhak menerimananya yang disebut dengan istilah mustahiq. Adapun nilai zakat yang wajib dikeluarkan adalah sebanyak 3.5 liter atau 2,7 kilogram makanan pokok seperti beras, gandung, kurma dan sebagainya.

Serba-serbi ramdahan atau yang berhubungan dengan bulan suci ini seberanrnya bermacam-macam yang dapat kita temu saat bulan ramadhan. Adapun bebarapa serba-serbi ramadhan yang ada di Indonesia atau pun di dunia kurang lebih seperti yang saya tiliskan di atas. Untuk menyambut bulan ramadhan tahun ini marilah kita laksanakan dengan penuh suka cita. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini.

About author

Related articles

Sorry, no posts were found.